Wednesday, November 11, 2015

DEFINISI SISTEM KOMPUTER



SISTEM KOMPUTER

DEFINISI

  Komputer :  suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. 
  Terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).
  Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).

STRUKTUR KOMPUTER

  Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait



FUNGSI KOMPUTER

  Input Device (Alat Masukan) : Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer.
  Output Device (Alat Keluaran) :  Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.  Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  I/O Ports : Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.  Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

FUNGSI KOMPUTER

  CPU (Central Processing Unit) : CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu;  ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
  Memori : Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal.  Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

PERANGKAT INPUT

  Input langsung : keyboard, pointing device (mouse, touch screen, light pen, dan digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), dan voice recognizer (microphone).  
Input tidak langsung : keypunch yg dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yg merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yg merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

PERANGKAT OUTPUT

  Output yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi empat bentuk :
      tulisan (huruf, angka, simbol khusus).
      image (dalam bentuk grafik atau gambar).
      Suara.
      dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). 
  Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
  Peralatan output dapat berupa:
      Hard-copy device : alat untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
      Soft-copy device, alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver: alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.  Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Printer dan Plotter
  Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas.  Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak.  Untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakan plotter.



Monitor

  Jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa signal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar monitor sbg hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. 
  Memiliki berbagai ukuran layar, berbagai tingkat resolusi (menentukan ketajaman gambar).  



CENTRAL PROCESSING UNIT

  CPU tempat pemroses instruksi-2 program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor). 
  Berupa chip yg berisi ribuan hingga jutaan IC.
  Contoh
      Intel 80486 DX2-400 (dikenal dgn komputer 486 DX2).
      Intel Pentium 100 (dikenal dgn komputer Pentium I).
      Intel Pentium II-350.
      Intel Pentium III-450.
      Intel Celeron 333.
      AMD K-II.
      Dsb. 
  CPU terdiri dari dua bagian utama :
      unit kendali (control unit).
      unit aritmatika dan logika (ALU). 
  Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.



CU (Control Unit) / Unit Kendali

  Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. 
  Mengartikan instruksi-2 dari program komputer.
  Membawa data dari alat input ke memori utama.
  Mengambil data dari memori utama untuk diolah.
  Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
  Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. 
  Kesimpulan tugas dari unit kendali ini adalah:
  Mengatur & mengendalikan alat-alat input dan output.
  Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan).
  Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.

  Menyimpan hasil proses ke memori utama.



ALU (Arithmatic and Logic Unit)

  Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. 
  Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. 
  Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥).

Memory

  Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer yaitu:
      Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
      Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
      Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.

Register

  Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
  CPU diibaratkan sbg otak yg punya ingatan-2 (register) dan pengendali organ tubuh (CU).  
  Program dan data diletakkan di memori utama yg diibaratkan sbg sebuah meja.  Program diproses (melakukan satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya).
  Instruksi tsb dibaca & diingat (instruksi yg sedang diproses disimpan di register).  
  Misalnya HITUNG C = A + B, maka perlu data nilai A & B yg masih ada di meja (di memori utama).   Data ini dibaca dan masuk ingatan kita (data yg sdg diproses disimpan di register), misal A=2 dan B = 3, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU).
  Hasil dari perhitungan ini dituliskan kembali ke meja (disimpan kembali ke memori utama). 
  Setelah itu mungkin data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen ke dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
  Selain register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien.  Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/ instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan.   Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. 
  Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.

MEMORI

  Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. 
  Ilustrasi, sebagai sekumpulan kotak-2 yg masing-2 dapat menyimpan sepenggal informasi (data atau instruksi).   Tiap lokasi dari kotak ditunjukkan oleh suatu alamat (address).  
  Ukuran memori dlm byte, misal 1 Mb, 4 Mb, 8 Mb, dstnya.   Pada umumnya 1 byte memori terdiri dari 8 – 32 bit (binary digit), yaitu banyaknya digit biner (0 atau 1) yang mampu disimpan dalam satu kotak memori.

Random Access Memory

  Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya).   Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
      Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
      Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
      Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
      Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.  

Read Only Memory (ROM)

  Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.
  Berupa sistem operasi yg terdiri dari program-2 pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. 
  Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
  Instruksi-2 yg tersimpan di ROM disebut microinstruction atau firmware (hardware & software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya). 
  Isi dari ROM ini tidak boleh hilang atau rusak, bersifat non volatile. 
  Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali. 
  PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali. 
  EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
  EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

MEDIA PENYIMPANAN (MEMORI) EKSTERNAL

  Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama (floppy disk, hard disk, CD-ROM, DVD).
  Banyak berupa piringan, dikenal satuan rotasi piringan (RPM Rotation Per Minute).  Makin cepat perputaran, semakin cepat waktu akses, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan.

Demikian hasil dr share saya kali ini, sampai jumpa pada sharing dan article saya selanjutnya, terima kasih telah berkunjung.
Lihat Artikel Menarik saya yang lainnya. 




 

No comments:

Post a Comment

Komentar dengan Bijak dan Bermanfaat