Tuesday, January 10, 2017

Cara Setting Facebook Ads Campaign

Cara Setting Facebook Ads Campaign 



Cara beriklan di Facebook menggunakan Facebook ads,

Facebook ads terkenal karena kemampuannya untuk men-target calon konsumen anda hingga amat
spesifik, sehingga super efektif jika anda dapat menggunakan satu fitur ini dengan baik. Facebook ads juga amat terkenal karena beriklan di Facebook terbilang amat murah jika dibandingkan dengan beriklan di platform lainnya.

Cara Membuat Facebook Ads Pertama kali

#1 - Create an Ad
Ketika Anda masuk di akun Facebook Anda, di bagian kanan atas layar browser Anda. Anda akan
menemukan tombol Create An Ad atau Buat Iklan. Klik tombol tersebut untuk membuat iklan Facebook pertama anda. silakan klik tombol Gear di bagian kanan atas layar , kemudian
klik Create Ads  atau Buat Iklan .

#2 Pilih yang Anda Ingin Iklankan
Dalam hal ini, anda memiliki banyak pilihan. Anda bisa mempromosikan URL  apapun entah untuk halaman yang berada dalam Facebook atau yang diluar Facebook, contoh Facebook pages , Facebook application, Facebook event , Facebook place, atau URL  eksternal seperti misal situs milik anda atau link affiliasi.

#3 Set Up Iklan Anda
Untuk iklan di Facebook, Anda biasanya diminta untuk menuliskan beberapa sales copy pendek dan juga melakukan konf irmasi URL. Preview iklan akan ditampilkan di sisi kanan secara live, jadi Anda bisa melihat bagaimana iklan anda nanti ditampilkan langsung saat anda meng-edit -nya. Untuk iklan tertentu, misalnya iklan untuk mendapatkan like untuk f anpage Anda, biasanya Anda tidak perlu menuliskan sales copy tambahan. Sales copy yang merupakan teks yang anda masukkan yang bertujuan untuk membuat calon pelanggan anda mng-klik iklan anda.

Tiga elemen dalam iklan ini, headline , text , dan image . Headline dan image bertujuan untuk menarik perhatian dan menimbulkan rasa penasaran. Sementara text anda harus berisi sales copy yang anda buat sedemikian rupa agar orang ingin untuk klik iklan anda guna memuaskan rasa penasaran mereka. 

#4 Target Berdasarkan Geografi
Pilihlah negara, wilayah, atau kota tertentu dimana anda ingin iklan anda untuk ditampilkan.
Perhatikanlah kotak yang memuat beberapa kota lain dengan jarak sekitar 10 sampai 55 km dari tempat yang Anda pilih, jika misal Anda ingin target tambahan. Anda bisa buat iklan anda amat tertarget dengan opsi ini karena kemampuan iklan Facebook yang memungkinkan anda men-target tempat seperti negara, provinsi, kota, dan bahkan kode pos .

#5 Target Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin
Pilih grup dari jenis kelamin mana dan grup umur berapa yang anda ingin tampilkan iklan Anda. Anda bisa centang box di bagian kanan, guna memberi kebebasan pada Facebook untuk menampilkan iklan anda ke orang yang sedikit di luar grup jenis kelamin dan grup umur yang anda tentukan.
Jika anda sudah memiliki data pasti dan spesifik dari grup umur dan grup jenis kelamin tertentu yang ingin anda target , pastikan Anda tidak mencentang kotak di bagian kanan.

#6 Target Berdasarkan Kategori dan Precise Interest
Pada tahap ini, Anda bisa targetkan iklan Anda pada pengguna Facebook berdasarkan hobi, status , minat , latar belakang budaya, dan lain lain.

#7 Lebih Lanjut Tentang Precise Interest
Jika minat tertentu yang Anda target karena suatu alasan tidak ada di opsi broad categories di atas dan
tidak ada di opsi precise interest di atas , maka anda bisa memilih opsi ini. Ketikkan kata kunci yang relevan dengan hal yang kira-kira menjadi kesukaan target iklan anda, dan Facebook akan secara langsung menunjukkan beberapa pilihan kepada Anda.

#8 Lebih Lanjut Tentang Broad Categories
Facebook menyediakan banyak sekali pilihan pada broad categories. Jika Anda melihat kategori di sini yang cocok dengan target pasar yang Anda targetkan, Anda bisa centang kotak kecil di sebelahnya dan iklan Anda akan secara otomatis dimasukkan dalam segmen pilihan anda tersebut .

#9 Target Berdasarkan Connection
Meski Anda bisa target iklan anda berdasarkan minat , usia, dan lokasi, Facebook juga menawarkan kepada Anda untuk mentargetkan iklan berdasarkan connection (koneksi)

#10 Tentukan Tujuan dan Harga Iklan
Ada dua jenis iklan CPM dan CPC.
CPM adalah Cost per miles artinya anda akan ditarik bayaran tiap iklan anda ditampilkan 1.000 kali entah ada yang meng-klik atau tidak.
CPC adalah Cost per click artinya anda akan ditarik bayaran tiap kali iklan anda di klik oleh calon pelanggan anda. 

Masing-masing ada gunanya. Jika anda merasa target iklan yang anda tentukan kurang spesifik, mungkin lebih bijak jika anda pilih CPC guna memastikan bahwa anda hanya membayar orang yang tertarik dengan iklan anda dan meng-kliknya.
Namun, jika anda merasa anda sudah buat target iklan yang amat spesif ik dan tertarget , sehingga anda amat yakin yang lihat iklan anda besar kemungkinan akan meng-klik iklan anda, maka anda bisa gunakan

CPM untuk lebih meminimalkan biaya iklan.
Saya pribadi biasanya buat iklan dalam CPC dulu, saya ubah hingga konversi bagus . Jika konversi sudah bagus saya ubah menjadi CPM tanpa mengubah isi iklan. Untuk ubah CPM menjadi CPC di bagian ini, ubah Objective anda menjadi “click on my ad or sponsored story” di bagian menu drop down-nya.

#11 Review Iklan Anda
Pastikan Anda sudah me-review ulang iklan Anda sebelum Anda iklankan. Review iklan anda dengan meng-klik tombol “Review Order” yang ada disebelah tombol “Place Order”.
Dan periksalah segala hal untuk memastikan bahwa Anda tahu bagaimana jenis iklan yang anda beli CPC atau CPM ketika iklan sudah diterbitkan, siapa yang jadi target anda, 

 #12 Launch Facebook Ads Anda
Klik tombol Place Order untuk memulai meluncurkan iklan Anda. Pastikan Anda memperhatikan iklan Facebook Anda selama launching untuk memastikan bahwa segalanya berjalan dengan lancar, dan pastikan biaya iklan anda keluar dengan bijak.

Pelajari data dari iklan anda selama satu dua hari, cari tahu iklan mana yang menguntungkan — memiliki clickthrough rate (CTR) tinggi, memiliki konversi tinggi, dan f okuskan serta terus perbaiki iklan tersebut, Sementara cari tahu iklan yang hanya menyedot uang anda, pause iklan tersebut atau ubah jadi menguntungkan berdasarkan data yang telah anda peroleh.

baca Juga : 


Sekian article Cara Setting Facebook Ads Campaign,
Selamat Mencoba dan Terima kasih atas kunjungannya,




No comments:

Post a Comment

Komentar dengan Bijak dan Bermanfaat