Sunday, February 5, 2017

Thorium Bahan Bakar dengan tingkat efisiensi tinggi


Thorium Bahan Bakar Masa Depan

# Canada mengajak Pemkab Bandung Jalin Kerjasama dikarenakan kebutuhan energi semakin meningkat

Sekarang Saya akan membagikan sebuah informasi yang menurut saya sangat penting untuk diketahui, juga sekaligus menambah wawasan kita semua. di article yang berjudul Thorium Bahan Bakar dengan tingkat efisiensi tinggi akan membahas tentang bahan bakar alternatif di kemudian hari dan di claim hemat energi dan paling sedikit menghasilkan limbah buangan.
 Baiklah langsung saja kita bahas apa itu thorium??
hengkyramadhan06.blogspot.com

#Sekilas About Thorium
Unsur Thorium ditemukan pada tahun 1828 dan namanya diambil dari Thor, nama Dewa Petir bangsa Viking atau Norseman.
Di alam, bisa dikatakan semua thorium adalah thorium-232, dan mempunyai waktu paruh sekitar 14.05 milyar tahun. Jumlah thorium di kulit bumi diperkirakan sekitar empat kali lebih banyak dari uranium. Saat ini Thorium biasanya digunakan sebagai elemen dalam bola lampu dan sebagai bahan campuran logam.
Banyak negara di seluruh dunia mulai mempertimbangkan rencana untuk menggunakan thorium sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir karena keamanannya dan ketersediaan bahan baku yang lebih banyak di banding uranium.
Thorium dapat terbakar lebih lama dan suhu  lebih tinggi untuk mendapatkan efisiensi lebih banyak dibanding bahan bakar konvensional lainnya, termasuk penggunaan bahan bakar, tidak perlu mengemas limbah, dan secara signifikan mengurangi isotop radioaktif yang memiliki waktu paruh yang lama.
Sebagai perbandingan, 1 kilogram thorium akan menghasilkan energi yang setara dengan yang dihasilkan oleh 300 kilogram uranium atau 3,5 juta kilogram batubara, tanpa efek lingkungan dari batubara di atmosfir atau resiko yang berhubungan dengan limbah uranium.
Thorium menghasilkan limbah 90% lebih sedikit dibanding uranium, dan hanya membutuhkan sekitar 200 tahun untuk menyimpan limbahnya, dibanding uranium yang membutuhkan waktu 10.000 tahun untuk menyimpan limbahnya.
#Berita About Thorium
Negara Canada mengajak Pemkab Bandung mengembangkan thorium atau nuklir jinak sebagai energy alternatif untuk pembangkit listrik masa depan. Sementara itu Persatuan Insinyur Indonesia  masih mengkaji potensi thorium di sejumlah daerah sebagai energi alternatif.
Ketersediaan thorium sebagai sumber energi lebih lama dibandingkan dengan energi yang lain. Selain itu, pemanfaatannya bisa mencapai ratusan juta tahun.
Bila rencana tersebut telah terealisasi, diharapkan bisa mendukung kebutuhan energi dalam negeri yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Energi masih menjadi permasalahan utama nasional saat ini, sehingga potensi energi alternatif sangat diperlukan.
Thorium bisa menjadi energi alternatif karena ramah lingkungan sehingga masyarakat diharapkan tidak khawatir dengan penggunaan energi ini. Tenaga nuklir memang dikhawatirkan warga karena tingginya radiasi yang ditimbulkan. Meski thorium merupakan nuklir, tapi ramah lingkungan.
Sejauh ini, lokasi potensi energi alternatif di dalam negeri masih dirahasiakan karena masih dalam tahap penelitian. Diharapkan Thorium bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) yang ketersediaannya dinilai semakin menyusut.
Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya,

No comments:

Post a Comment

Komentar dengan Bijak dan Bermanfaat