Thursday, January 19, 2017

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger update 2017

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger Update 2017



Sebenarnya ada banyak banget platform yang bisa digunakan,  seperti:  WordPress,, Blogspot, Weebly,  Webs,  Jigsy,  dll. Tapi Jika diperhatikan  banyak  blogger  Indonesia lebih tertarik menggunakan  WordPress  dan  Blogspot (blogger). Jadi, kita akan bahas sedikit tentang cara buat blog di platform Blogspot dan Wordpress.

Buat  kawan kawan  yang  belum ngerti cara buat blog di WordPress atau Blogspot, mari kita lanjutkan, dan jangan lupa siapkan makanan dan minuman biar sedikit nyantai kayak di pantai.
Kedua Platform ini si WordPress dan si Blogger memberikan layanannya secara  gratis  untuk membuat  blog.  Tapi, walau keduanya  memberikan  layanan  gratis untuk blogging, kedua platform ini memiliki perbedaan.

Yuk mari kita lihat cara membuat blog dari platform wordpress , check it out..


1. Buka situs WordPress, nih alamat web nya id.wordpress.com seperti gambar dibawah ini : 
Blog Gratis di WordPress


2. Setelah halaman WordPress muncul, pilih atau klik jenis blog yang ingin anda buat, ada 3 pilihan , silahkan pilih salah satu. setelah itu anda akan diarahkan ke halaman seperti dbawah ini : 
Blog Gratis di WordPress


3. Kemudian pilih tema tau jenis tampilan blog yang anda sukai, lalu anda akan diarahkan ke halaman kayak yang dibawah ini .. 
Blog Gratis di WordPress


4. Masukkan nama blog yang anda inginkan atau yang telah anda siapkan, lalu lihat apakah alamat itu tersedia secara gratis atau tidak.. jika tidak silahkan cari yang lain.. tapi jika anda ingin yang berbayar juga gak papa sih, itu tergantung anda saja..  lanjuttt
Blog Gratis di WordPress

5.  Setelah itu pilih paket yang sesuai untuk anda seperti pada gambar dibawah ini , lalu klik pilih.
Blog Gratis di WordPress

6. Kemudian isikan data data anda dengan benar, seperti gambar dibawah ini ya , ikuti aja panduan gambar nya jika dirasa masih ragu .
Blog Gratis di WordPress


8. lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini, klik lanjutkan..

Blog Gratis di WordPress

9. Kemudian Pihak WordPress akan mengirimkan Pesan verifikasi ke email Anda yang berisi link aktivasi untuk akun yang sebelumnya anda daftarkan di platform WordPress . Buka email itu dan klik tombol yang bertuliskan Konfirmasi sekarang atau semacam itu, contoh seperti gambar berikut :
Blog Gratis di WordPress

10. Lalu anda akan diarahkan ke halaman login atau masuk, isi saja email dan password anda tadi waktu mendaftar ya .. 
Blog Gratis di WordPress


11. Setelah melakukan verifikasi , Nanti akan terbuka tab baru pada browser anda dan Anda akan melihat halaman Dashboard WordPress milik Anda. Gambar dibawah ini  hasil akhirnya: 


# Pengaturan Desain dan Posting di Blog WordPress

Sampai disini sebenarnya Anda sudah punya   blog   WordPress.   Anda   bisa   melihat hasil tampilannya  dengan  mengetikkan  nama  blog Anda di browser. Tapi, jika tidak   cocok   dengan   tampilan   Standar   dari WordPress. Anda bisa lakukan pengaturan pada blog WP anda, misalkan buat judul  blog,  buat  tag  line  atau  deskripsi singkat blog,  ganti  tema,  pasang  widget dan lain‐lain.

1. Pengaturan Blog WordPress

Untuk membuat pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya di dalam dashboard WP Anda  dengan  membuka  tombol  link  “Pengaturan“.  nanti akan terlihat  sub‐sub kategori pengaturan  yang  bisa dirubah. Pertama yang  paling  penting di bagian  ini yaitu pengaturan umum, menulis, membaca, diskusi. Berikut ini penjelasan singkatnya :
Umum:  Bagian ini Anda bisa merubah judul blog dengan judul yang anda suka, lalu anda bisa tambahkan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan lainnya, misalnya memasukkan icon, ganti format tanggal. lalu klik simpan.
Menulis: Pada bagian ini Anda bisa membuat pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar.
Membaca: Di sini Anda bisa mengatur tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog Anda.
Anda bisa membuat halaman statis ataupun dinamis.Di halaman ini  bisa juga untuk menentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman utama anda, dll. tapi jika tidak ingin dan saya juga sarankan biarkan saja secara default sementara sebelum anda perlahan memahami Platform wordpress ini.
Diskusi - Bisa mengatur bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.
Baca juga :

Sekian Article Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger update 2017
Selamat mencoba dan Terima kasih atas kunjungannya,






No comments:

Post a Comment

Komentar dengan Bijak dan Bermanfaat